Meliar Bersama BMX
Lifestyle
April 28, 2024
Zachary Jonah
(credits : bmxelmejor)
BANYAK yang mengkategorikan bicycle motocross (bmx) ke dalam extreme sport. Yakni ketika anak-anak dan remaja tetap memiliki keinginan untuk mampu berkendara sepeda tanpa mesin motor dengan membuat trek sendiri.
Mengutip oldsite.uci.ch, sejarah bmx dimulai pada akhir tahun 1960an di California. Pada saat motorcross menjadi olahraga populer di AS.
Olahraga bermotor menjadi inspirasi kompetisi dengan menggunakan tenaga manusia. Para petualang muda ini menyelesaikan imitasinya dengan mengenakan perlengkapan motorcross. Olahraga bertenaga manusia itu diberi nama bmx.
Pengendara bmx yang baik harus memiliki daya ledak, koordinasi motorik yang baik, keterampilan teknis yang tinggi, dan otak taktis yang baik. Ini harus dianggap sebagai salah satu kode bersepeda yang paling teknis.
Balap Bmx menawarkan aksi seru dengan biaya murah, dan dekat dengan rumah masing-masing remaja. Sehingga sangat mudah untuk melihat mengapa olahraga ini langsung nge-hit.
Di California olahraga ini lebih populer dibandingkan di tempat lain. Pada awal tahun 1970-an, badan pemberi sanksi untuk bmx didirikan di AS. Hal ini dianggap sebagai awal resmi balap bmx. Seiring berjalannya dekade, olahraga ini juga diperkenalkan di benua lain, di antaranya Eropa pada tahun 1978.
Pada bulan April 1981, Federasi BMX Internasional didirikan. Dan kejuaraan dunia pertama diadakan pada tahun 1982.
BMX berkembang pesat sebagai entitas olahraga yang unik, dan setelah beberapa tahun jelas memiliki lebih banyak kesamaan dengan “bersepeda” daripada “sepeda motor”.
Dengan demikian, sejak Januari 1993 bmx telah diintegrasikan sepenuhnya ke dalam Union Cycliste Internationale (UCI).
Areal utama BMX di dunia, dulunya adalah Amerika Serikat, Eropa dan Australia. Sementara Amerika Selatan juga telah berkembang cukup baik selama beberapa tahun terakhir.
Saat ini BMX memang kembali booming di Amerika. Sejak tahun 1997, penjualan sepeda BMX di Amerika merupakan yang terbesar dari seluruh penjualan sepeda di Amerika, dan bahkan lebih besar dari penjualan sepeda gunung. Ada juga bukti pertumbuhan kembali BMX di Australia dan Eropa.
Bmx telah terintegrasi dengan banyak federasi balap sepeda nasional. Saat ini terdapat 43 federasi nasional yang kegiatan bmx resminya diakui oleh UCI. Sekitar sepuluh federasi bmx independen masih harus berintegrasi. Semua integrasi bmx harus diselesaikan paling lambat tanggal 31 Desember 1998.
Selain itu, piala dunia Bmx dimaksudkan untuk melakukan promosi yang baik dan mendapatkan lebih banyak pengakuan terhadap olahraga tersebut. Mereka diatur dalam format yang kompak dan ramah penonton. Kelas balap di ajang piala dunia hanya mencakup dua kategori: Elite dan Junior.
Trek dan lintasan pada Piala Dunia menuntut keterampilan teknis yang tinggi dan mencakup berbagai lompatan spektakuler.
Sedangkan trek bmx, memiliki panjang lintasan 300 hingga 400 meter.
Jumlah babak penyisihan pada perlombaan bmx, dan juga pada perlombaan piala dunia, bergantung pada jumlah pesaing di kelas tempatnya memulai. Kelas Elite Putra adalah yang terbesar. Pada kejuaraan dunia, kelas ini dapat mencakup lebih dari 150 pembalap.
Setiap balapan dimulai dengan motos, yaitu tiga babak kualifikasi. Setiap heat pebalap, termasuk maksimal delapan pebalap, saling balapan sebanyak tiga kali.
Sebanyak empat pemain terbaik dari setiap babak selama tiga putaran awal tersebut dipindahkan ke putaran balap berikutnya. Putaran balapan berikutnya bisa berupa 1/16 final, 1/8 final, 1/4 final, semi final, atau final utama. Namun format pastinya bergantung pada jumlah pembalap di suatu kelas.
Adapun format jumlah peebalap diatur menurut jadwal. Yakni kelas motos dan utama untuk 9 – 16 pembalap, lalu kelas motos, semi-final, utama untuk 17 – 32 pembalap, kleas motos, 1/4 final, semi final, utama untuk 33 – 64 pembalap, kelaas motos, 1/8 final, 1/4 final, semi final, utama untuk 65-128 pembalap, dan kelas motos, 1/16 final, 1/8 final, 1/4 final, semi final, utama untuk 129-256 pembalap.
Sedangkan jumlah minimum pengendara untuk membentuk suatu kelas adalah 9, jika tidak, kelas tersebut digabungkan dengan kelas berikutnya di atasnya.
Dari babak 1/16 final dan seterusnya, 4 pebalap terbaik dari setiap perpindahan heat ke babak balap berikutnya, dan akhirnya menghasilkan final utama 8 pebalap.
Satu-satunya pengecualian adalah kelas dengan 9 pengendara, yang memberikan heat 5 pengendara dan 4 pengendara. Heat 4 terbaik dari 5 pengendara dan perpindahan heat 3 terbaik dari 4 pengendara ke 7 pengendara utama.
Adapun jumlah maksimal pebalap per heat, dan dengan demikian jumlah maksimal pebalap di lintasan BMX pada waktu yang sama, adalah 8. Jumlah minimal per heat adalah 5, dengan satu-satunya pengecualian pada heat 4 pebalap di kelas 9 pebalap.
Saat ini, sebuah sistem khusus telah dikembangkan yang menjelaskan dengan tepat untuk 9 hingga 256 pembalap di satu kelas. Caranya, para pembalap akan tersebar di babak penyisihan.
Namun jika ingin melihat sistem transfer, maka harus melakukannya sesuai Buku Peraturan BMX. Biasanya, tergantung pada panjang dan kesulitan teknis lintasan, balapan bmx berlangsung selama 30 hingga 40 detik.
Piala dunia dapat dilakukan dalam tiga jam balapan murni. Tetapi, jika demonstrasi dan sejenisnya disertakan, maka race akan berlangsung sehari penuh.
Kebanyakan acara bmx diadakan di luar ruangan di jalur permanen. Hanya sejumlah balapan yang diadakan di dalam ruangan. Menyelenggarakan acara BMX dalam ruangan agak mahal. Sebab harus membangun lintasan BMX dalam waktu yang sangat singkat, tanpa memiliki kemungkinan untuk menjajal lintasan secara menyeluruh dan menyempurnakan lompatan dan belokannya.
Saat ini, jumlah penonton yang baik di acara Piala Dunia BMX adalah sekitar 3.000 orang. Sebab, jumlah pesertanya terbatas. Sementara di kejuaraan dunia dan Eropa, banyak peserta yang membawa serta kru. Sehingga jumlah penonton menjadi sekita 7.000 penonton.
Masih sulit menarik banyak publik untuk datang ke acara bmx. Beberapa penyelenggara berhasil melakukannya melalui kampanye iklan yang baik, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat lokal. Sehingga ada upaya untuk meningkatkan pengakuan terhadap olahraga ini, dan hal ini akan membantu menarik lebih banyak orang ke pertemuan balapan bmx.
Melalui federasi yang berafiliasi dengan UCI, terdapat lebih dari 60.000 pengendara bmx di seluruh dunia yang memiliki lisensi balap. Ada situasi khusus di AS, di mana selain 35.000 pengendara bmx yang berafiliasi melalui USA Cycling, terdapat 40.000 pengendara BMX lainnya yang berlomba di bawah naungan American Bicycle Association (ABA). ABA adalah organisasi komersial, tidak berafiliasi dengan UCI, yang juga merupakan pemilik NORBA di masa lalu.
Dilihat dari peringkat UCI, Elite putra termuda berusia 19 tahun, sedangkan pebalap Elite pria tertua di peringkat saat ini adalah 39.
Seperti legenda bmx, Harry Leary, dari AS. Di peringkat putri, Elite putri termuda adalah juga berusia 19 tahun, sedangkan wanita tertua dalam peringkat tersebut adalah Janet Park dari AS yang berusia 33 tahun.
Kelas-kelas yang ada pada ajang World Cup adalah Elite Men (19 tahun ke atas), Elite Women (19 tahun ke atas), Junior Men (17-18) dan Junior Women (17-18). Kelas-kelas ini juga berlomba dengan sepeda BMX tradisional 20 “(ukuran roda 20”).
Kelas Kejuaraan Dunia adalah Elite Pria (19 tahun ke atas), Elite Wanita (19 tahun ke atas), Junior Pria (17-18), Junior Wanita (17-18), Elite Cruiser (19 tahun ke atas) dan Junior Cruiser (17- 18). Kelas Cruiser menggunakan sepeda (Cruiser) dengan roda 24″ dan terbuka untuk pria dan wanita.
Dalam praktiknya, sebagian besar pria mengendarai sepeda Cruiser. Besar kemungkinan, di masa depan Elite dan Junior Cruiser tidak lagi menjadi kelas kejuaraan.*