Badai Milton Terjang Florida

Lingkungan & Krisis Iklim

October 12, 2024

Zachary Jonah

Ombak menghantam batu karang di depan Museum House of Refugee di selatan Pulau Hutchinson, Martin County saat Badai Milton mendekati Florida. (credits: TCPALM)

BADAI Milton menghantam wilayah daratan di pantai barat Florida, Rabu malam (9/10) waktu setempat. Badai ini juga menerjang sejumlah wilayah negara bagian Florida.

Mengutip USA Today, badai Milton telah memicu terjadinya tornado di Florida bagian tengah dan timur. Menurut otoritas setempat, kejadian ini telah menewaskan beberapa orang, akibat badai yang menumbangkan pepohonan dan menimpa warga yang berada di dalam rumah mereka.

Dampak badai Milton meluas hingga ke wilayah daratan. Badai merusak bangunan, menjungkirbalikan kendaraan roda empat, dan menyebabkan banjir.

Angin berkecepatan lebih dari 100 mph tercatat di Mulberry, sekitar 35 mil ke daratan dari Tampa. Tepat di sebelah timur, angin berkecepatan 94 mph menghantam Bartow. Di Bandara Internasional Melbourne Orlando, di pantai timur, angin kencang membuat lubang raksasa berukuran 30×40 kaki di atap.

Daerah lain di wilayah daratan sedikit lebih baik, tetapi masih mengalami pemadaman listrik dan beberapa jalan terblokir.

Di Marion County, yang meliputi Ocala sekitar 100 mil timur laut Tampa Bay, otoritas setempat mengatakan pada hari Kamis bahwa ada kabel listrik yang putus, pepohonan dan transformator yang putus, tetapi tidak terdapat kerusakan serius atau korban luka.

“Kami hanya mamapu untuk berdoa,” kata Richard McKendrick (58), seorang warga di Lakeland, Florida, sekitar 40 mil ke pedalaman dari Tampa Bay.

McKendrick dan keluarganya membersihkan puing-puing di sekitar rumah mereka pada hari Kamis. McKendrick, bersama dengan istrinya, putra mereka yang berusia 14 tahun, berdiam diri semalaman di rumah. Termasuk pula seekor kucing bernama Juno. Listrik byar pet sepanjang malam.

Tetapi mereka melihat banyak kerusakan saat mereka berkendara di sekitar lingkungan tersebut pada hari Kamis pagi. Beberapa cabang pohon yang tumbang dan atap sirap yang hilang. Lingkungan mereka ditinggikan, jadi tidak terjadi banjir seperti di tempat lain.

“Kami merasa benar-benar sangat diberkati. Dampak badai ini dapat saja lebih buruk,” kata McKendrick.

Angin menerpa pepohonan di luar 5th Avenue. Broadwalk, Indialantic, Florida, pada 9 Oktober 2024 saat badai Milton mendekat. (credits: USA Today)

Kondisi yang lebih buruk terjadi di Polk County. Pusat badai tersebut bergerak melalui jantung Polk County, yang berada di Florida tengah, sekitar pukul 11 ​​malam hari Rabu dan mengirimkan angindengan kecepatan hampir 100 mil per jam yang menerjang wilayah itu.

Paul Womble, direktur manajemen darurat Polk County menyatakan badai ini telah daerah hujan dan banjir dengan kedalaman lebih dari satu kaki.

Evakuasi tidak diwajibkan, seperti di beberapa tempat di sepanjang pantai. Tetapi, menurut Womble, otoritas setempat mendorong siapa pun yang tinggal di rumah mobil, RV, dan daerah yang biasanya banjir untuk mencari perlindungan di tempat lain.

“Lebih dari 6.500 orang, termasuk beberapa dari daerah tetangga, bertahan melewati badai di 20 tempat penampungan darurat di daerah ini, meskipun mereka telah meninggalkan tempat penampungan pada hari Kamis,” kata Womble.

“Butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan wilayah terdapak badai Milton,” katanya.

Sementara itu di Hardee County, tempat layanan darurat dihentikan selama beberapa jam pada malam terjadinya badai itu. Sebab kecepatan angin badai sangat berbahaya dan mengancam warga.

Otoritas setempat meminta warga untuk tinggal di rumah pada hari Kamis saat petugas mulai menilai kondisi jalan dan lampu jalan padam di seluruh wilayah. Terdata sebanyak 9.640 pelanggan listrik di daerah itu tidak mendapatkan listrik pada hari Kamis.

Sedangkan di Lake County, dampak banjir dari badai Milton telah menumpahkan hampir 2 juta galon air limbah dari pabrik pengolahan air limbah di Leesburg. Banjir juga menyebabkan korsleting listrik pada generator cadangan, yang menyebabkan tumpahan.

Sebanyak 100.000 pelanggan yang mengalami pemadaman. Sekolah umum akan ditutup selama sisa minggu ini.

Tornado yang melanda Cocoa Beach di Brevard County menghancurkan beberapa rumah dan bangunan. Dan jalanan dari Satellite Beach hingga Rockledge kebanjiran.

Begitu pula yang terjadi di St. Lucie. Sebanyak empat orang tewas ketika terjadi tornado.*

avatar

Redaksi